LEMBAR PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) 2014
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU
DINAS PENDIDIKAN
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN WIDASARI
Alamat : Jl. Raya Widasari Telakom KM 04 Desa
Bunder Kec. Widasari Kab Indramayu 45271
E-mail : sdnbundersatu@gmail.com
LEMBAR PENILAIAN
KINERJA GURU (PKG) 2014
A. TIM PENILAI
Nama :
NIP :
Jabatan :
B. GURU YANG DINILAI
Nama :
NIP :
Jabatan :
1.
Menguasai karakteristik peserta
didik
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
1.
|
Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
|||
2.
|
Guru memastikan bahwa semua peserta
didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam
kegiatan pembelajaran.
|
|||
3.
|
Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan
fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
|||
4.
|
Guru mencoba mengetahui penyebab
penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut
tidak merugikan peserta didik lainnya.
|
|||
5.
|
Guru membantu mengembangkan potensi
dan mengatasi kekurangan peserta didik.
|
|||
6.
|
Guru memperhatikan peserta didik
dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan,
diolok-olok, minder, dsb.)
|
2.
Menguasai teori belajar dan
prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
7.
|
Guru memberi kesempatan kepada
peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan
belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang
bervariasi.
|
|||
8.
|
Guru selalu memastikan tingkat
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan
menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman
tersebut.
|
|||
9.
|
Guru dapat menjelaskan alasan
pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun
yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran.
|
|||
10.
|
Guru menggunakan berbagai teknik untuk
memotiviasi kemauan belajar peserta didik.
|
|||
11.
|
Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan
pembelajaran maupun proses belajar peserta didik.
|
|||
12.
|
Guru memperhatikan respon peserta
didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan dan
menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya.
|
3.
Pengembangan kurikulum
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
13.
|
Guru dapat menyusun silabus yang
sesuai dengan kurikulum.
|
|||
14.
|
Guru merancang rencana pembelajaran
yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta
didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan.
|
|||
15.
|
Guru mengikuti urutan materi
pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.
|
|||
16.
|
Guru memilih materi pembelajaran
yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai
dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat
dilaksanakan di kelas e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta
didik.
|
4.
Kegiatan Pembelajaran yang
Mendidik
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
17.
|
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan
pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang
tujuannya.
|
|||
18.
|
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik,
bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan.
|
|||
19.
|
Guru mengkomunikasikan informasi
baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar peserta didik.
|
|||
20.
|
Guru menyikapi kesalahan yang
dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan
semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui
terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan
jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar.
|
|||
21.
|
Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari-hari peserta didik.
|
|||
22.
|
Guru melakukan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan
mempertahankan perhatian peserta didik.
|
|||
23.
|
Guru mengelola kelas dengan efektif
tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu
peserta dapat termanfaatkan secara produktif.
|
|||
24.
|
Guru mampu menyesuaikan aktivitas
pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas.
|
|||
25.
|
Guru memberikan banyak kesempatan
kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan
peserta didik lain.
|
|||
26.
|
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas
pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik.
Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman
peserta didik terhadap materi sebelumnya.
|
|||
27.
|
Guru menggunakan alat bantu
mengajar, dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
|
5.
Memahami dan mengembangkan
potensi
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
28.
|
Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk
mengetahui tingkat kemajuan masing-masing.
|
|||
29.
|
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecakapan dan pola belajar masing-masing.
|
|||
30.
|
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik.
|
|||
31.
|
Guru secara aktif membantu peserta
didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada setiap individu.
|
|||
32.
|
Guru dapat mengidentifikasi dengan
benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing-masing
peserta didik.
|
|||
33.
|
Guru memberikan kesempatan belajar
kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing-masing.
|
|||
34.
|
Guru memusatkan perhatian pada
interaksi dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan
menggunakan informasi yang disampaikan.
|
6.
Komunikasi dengan peserta didik
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
35.
|
Guru menggunakan pertanyaan untuk
mengetahui pemahaman dan menjaga partisipasi peserta didik, termasuk
memberikan pertanyaan terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab
dengan ide dan pengetahuan mereka.
|
|||
36.
|
Guru memberikan perhatian dan
mendengarkan semua pertanyaan dan tanggapan peserta didik, tanpa
menginterupsi, kecuali jika diperlukan untuk membantu atau mengklarifikasi
pertanyaan/tanggapan tersebut.
|
|||
37.
|
Guru menanggapinya pertanyaan
peserta didik secara tepat, benar, dan mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran
dan isi kurikulum, tanpa mempermalukannya.
|
|||
38.
|
Guru menyajikan kegiatan
pembelajaran yang dapat menumbuhkan kerja sama yang baik antar pesertadidik.
|
|||
39.
|
Guru mendengarkan dan memberikan
perhatian terhadap semua jawaban peserta didik baik yang benar maupun yang
dianggap salah untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
|
|||
40.
|
Guru memberikan perhatian terhadap
pertanyaan peserta didik dan meresponnya secara lengkap dan relevan untuk
menghilangkan kebingungan pada peserta didik.
|
7.
Penilaian dan evaluasi
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
41.
|
Guru menyusun alat penilaian yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tertentu seperti
yang tertulis dalam RPP.
|
|||
42.
|
Guru melaksanakan penilaian dengan
berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang
dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta
didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan
akan dipelajari.
|
|||
43.
|
Guru menganalisis hasil penilaian
untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang sulit sehingga diketahui
kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial
dan pengayaan.
|
|||
44.
|
Guru memanfaatkan masukan dari
peserta didik dan merefleksikannya untuk meningkatkan pembelajaran
selanjutnya, dan dapat membuktikannya melalui catatan, jurnal pembelajaran,
rancangan pembelajaran, materi tambahan, dan sebagainya.
|
|||
45.
|
Guru memanfatkan hasil penilaian
sebagai bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan
selanjutnya.
|
8. Bertindak sesuai
dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
46.
|
Guru menghargai dan mempromosikan
prinsip-prinsip Pancasila sebagai dasar ideologi dan etika bagi semua warga
Indonesia.
|
|||
47.
|
Guru mengembangkan kerjasama dan
membina kebersamaan dengan teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang
ada (misalnya: suku, agama, dan gender).
|
|||
48.
|
Guru saling menghormati dan
menghargai teman sejawat sesuai dengan kondisi dan keberadaan masing-masing.
|
|||
49.
|
Guru memiliki rasa persatuan dan
kesatuan sebagai bangsa Indonesia.
|
|||
50.
|
Guru mempunyai pandangan yang luas
tentang keberagaman bangsa Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama).
|
9.
Menunjukkan pribadi yang dewasa
dan teladan
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
51.
|
Guru bertingkah laku sopan dalam
berbicara, berpenampilan, dan berbuat terhadap semua peserta didik, orang
tua, dan teman sejawat.
|
|||
52.
|
Guru mau membagi pengalamannya
dengan teman sejawat, termasuk mengundang mereka untuk mengobservasi cara
mengajarnya dan memberikan masukan.
|
|||
53.
|
Guru mampu mengelola pembelajaran
yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik, sehingga semua
peserta didik selalu memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
|
|||
54.
|
Guru bersikap dewasa dalam menerima
masukan dari peserta didik dan memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
|
|||
55.
|
Guru berperilaku baik untuk
mencitrakan nama baik sekolah.
|
10.
Etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, dan rasa bangga menjadi guru
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
56.
|
Guru mengawali dan mengakhiri
pembelajaran dengan tepat waktu.
|
|||
57.
|
Jika guru harus meninggalkan kelas,
guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan
mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
|
|||
58.
|
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat
melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan
persetujuan pengelola sekolah.
|
|||
59.
|
Guru meminta ijin dan memberitahu
lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri
kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
|
|||
60.
|
Guru menyelesaikan semua tugas
administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang
ditetapkan.
|
|||
61.
|
Guru memanfaatkan waktu luang selain
mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
|
|||
62.
|
Guru memberikan kontribusi terhadap
pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap
nama baik sekolah.
|
|||
63.
|
Guru merasa bangga dengan profesinya
sebagai guru.
|
11.
Bersikap inklusif, bertindak
objektif, serta tidak Diskriminatif
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
64.
|
Guru memperlakukan semua peserta
didik secara adil, memberikan perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan
masing-masing, tanpa memperdulikan faktor personal.
|
|||
65.
|
Guru menjaga hubungan baik dan
peduli dengan teman sejawat (bersifat inklusif), serta berkontribusi positif
terhadap semua diskusi formal dan informal terkait dengan pekerjaannya.
|
|||
66.
|
Guru sering berinteraksi dengan
peserta didik dan tidak membatasi perhatiannya hanya pada kelompok tertentu
(misalnya: peserta didik yang pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama
dengan guru).
|
12.
Komunikasi dengan sesama guru,
tenaga pendidikan, orang tua peserta didik, dan masyarakat
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
67.
|
Guru menyampaikan informasi tentang
kemajuan, kesulitan, dan potensi peserta didik kepada orang tuanya, baik
dalam pertemuan formal maupun tidak formal antara guru dan orang tua, teman
sejawat, dan dapat menunjukkan buktinya.
|
|||
68.
|
Guru ikut berperan aktif dalam
kegiatan di luar pembelajaran yang diselenggarakan oleh sekolah dan
masyarakat dan dapat memberikan bukti keikutsertaannya.
|
|||
69.
|
Guru memperhatikan sekolah sebagai
bagian dari masyarakat, berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta
berperan dalam kegiatan sosial di masyarakat.
|
13.
Penguasaan materi struktur
konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
70.
|
Guru melakukan pemetaan standar
kompetensi dan kompetensi dasar untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk
mengidentifikasi materi pembelajaran yang dianggap sulit, melakukan
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu
yang diperlukan.
|
|||
71.
|
Guru menyertakan informasi yang
tepat dan mutakhir di dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.
|
|||
72.
|
Guru menyusun materi, perencanaan
dan pelaksanaan pembelajaran yang berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan
yang membantu peserta didik untuk memahami konsep materi pembelajaran.
|
14.
Mengembangkan keprofesian
melalui tindakan reflektif
No
|
Indikator
|
Tidak
Terpenuhi (Tidak Ada Bukti)
|
Terpenuhi
Sebagian
|
Seluruhnya
Terpenuhi
|
73.
|
Guru melakukan evaluasi diri
secara spesifik, lengkap, dan didukung dengan contoh pengalaman diri sendiri.
|
|||
74.
|
Guru memiliki jurnal
pembelajaran, catatan masukan dari kolega atau hasil penilaian proses
pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan kinerjanya.
|
|||
75.
|
Guru memanfaatkan bukti
gambaran kinerjanya untuk mengembangkan perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran selanjutnya dalam program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB).
|
|||
76.
|
Guru dapat mengaplikasikan
pengalaman PKB dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan
tindak lanjutnya.
|
|||
77.
|
Guru melakukan penelitian,
mengembangkan karya inovasi, mengikuti kegiatan ilmiah (misalnya seminar,
konferensi), dan aktif dalam melaksanakan PKB.
|
|||
78.
|
Guru dapat memanfaatkan TIK
dalam berkomunikasi dan pelaksanaan PKB.
|
Bunder,
27 September 2014
Guru Yang Dinilai Tim
Penilai
DIMYATI, S.Pd DARUMI
HARYATI, S.PdSD
NIP. NIP.
196203161982042004
- File contoh LEMBAR PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) 2014 dapat di download di sini
- File contoh SK TIM ASESSOR/PENILAI dapat di download di sini
Post a Comment for "LEMBAR PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) 2014"